Jasa Pembuatan Landing Page

Landing page merupakan halaman di dalam website yang dibuat khusus dengan tujuan marketing. Halaman inilah yang akan ditampilkan ketika pengunjung mengakses website dari hasil pencarian berbayar.

Membuat landing page merupakan cara untuk meningkatkan pengalaman pengunjung di website Anda. Sebab, ketika pengunjung telah nyaman, mereka akan membeli produk, atau bahkan melakukan aktivitas online lainnya sesuai yang Anda inginkan. Itulah mengapa landing page juga menjadi salah satu strategi conversion rate optimization.

Perbedaan Landing Page dan Homepage

Landing page hanya memiliki satu fokus, yaitu conversion. Sementara itu, homepage merupakan komponen pada website yang berfokus pada pemberian informasi dan overview terhadap brand atau perusahaan. Saat pengunjung membuka halaman depan pada sebuah website, maka memanfaatkan objektif awareness untuk mencari apa saja yang menarik dari produk brand tersebut.

Karena landing page bertujuan untuk konversi penjualan, halaman tersebut biasanya terdiri dari call to action (CTA) sebagai ajakan langsung kepada pengunjung. Contoh CTA yang sering Anda temukan adalah daftar sekarang, beli sekarang, pesan sekarang, atau download sekarang. Sementara itu, homepage pada website hanya fokus kepada jumlah traffic pengunjung yang bisa dilihat pada periode tertentu.

Kemudian, jika landing page langsung memunculkan katalog untuk memudahkan pengunjung dalam memilih produk dan formulir pendaftaran, homepage menyuguhkan banyak informasi dalam satu halaman. Dalam homepage, pengunjung dapat melihat informasi profil bisnis, struktur perusahaan, aneka produk, sampai kontak yang bisa pengunjung hubungi untuk keperluan customer service dan kerja sama. Sederhananya, landing page memiliki navigasi yang terbatas, sedangkan homepage memiliki banyak navigasi yang mengarahkan pengunjung untuk memilih informasi mana yang ingin diakses.

Karakteristik Homepage:

  • Memuat tampilan utama sebuah website;
  • Merupakan halaman pertama yang dilihat ketika membuka sebuah website;
  • Menampilkan tombol navigasi dan link menuju halaman penting di website;
  • Merupakan etalase bagi pengunjung untuk mempelajari semua produk dan layanan yang ditawarkan.

Karakteristik Landing Page:

  • Landing page adalah halaman yang memiliki fungsi khusus dalam website; 
  • Mendorong pengunjung untuk fokus pada satu produk dan segera melakukan transaksi di dalam website tersebut. Misalnya, https://isf.or.id/30haribebasriba/ di mana menyediakan informasi lengkap soal program bebas riba dan tombol pendaftaran;
  • Mengajak pengunjung untuk melakukan aksi tertentu. Misalnya, membeli produk, mengisi formulir, atau mempelajari informasi yang diberikan.

Fungsi Landing Page

Berdasarkan jenisnya, ada dua fungsi utama landing page. Pertama, landing page dapat digunakan untuk mengumpulkan data pengunjung potensial atau leads. Leads inilah yang dijaga oleh bisnis tersebut. Kemudian calon pelanggan ini diharapkan melakukan pembelian di masa mendatang. Kedua, landing page juga dapat berfungsi untuk mempercepat transaksi. Halaman ini minim dari menu dan tombol navigasi lainnya. Dengan kata lain, landing page memberikan jalan khusus bagi pengunjung untuk mengakses produk atau layanan yang ingin dibeli.

Manfaat landing page yang harus Anda ketahui

Landing page berfungsi sebagai media untuk marketing campaign yang dijalankan melalui iklan digital. Terdapat banyak manfaat jika Anda menggunakan landing page dalam aktivasi digital ads. Apa saja manfaatnya? Berikut ulasannya,

  1. Memudahkan pengunjung untuk membangun pengalaman pertama dengan impresi yang baik, seperti melihat berbagai produk yang menarik sampai melakukan tindakan, seperti pembelian, pendaftaran, atau pengunduhan.
  2. Selain meningkatkan conversion, landing page juga membantu meningkatkan prospek (leads) konsumen.
  3. Mempromosikan produk secara langsung dalam satu halaman mampu menekan biaya promosi melalui press release atau iklan secara konvensional. Lebih Hemat!
  4. Konten promosi produk lebih terarah dan langsung (direct). Oleh karena itu, pengunjung langsung disuguhkan ke sebuah katalog untuk melangkah ke pembelian.
  5. Konten review pada landing page membangun kredibilitas produk untuk meyakinkan konsumen.
  6. Dapat melakukan trial and testing untuk desain, konten, dan CTA yang digunakan.
  7. Landing page mampu meningkatkan traffic pencarian dengan menggunakan kata kunci tertentu.
  8. Tentunya sangat mendukung bisnis Anda untuk mencapai tujuan yang sudah Anda buat targetnya.

Tertarik membuat landing page untuk iklan digital Anda?

Saat ini, aktivitas digital marketing cukup banyak dilakukan karena banyaknya bisnis yang berjalan secara online. Salah satunya adalah digital ads yang nantinya akan mengarahkan pengunjung ke sebuah halaman yang disebut landing page. Berbeda dengan homepage yang menjadi bagian dari website, landing page bertujuan untuk meningkatkan penjualan (conversion).

Setelah mempelajari informasi seputar landing page ini, jangan lupa memesan paket Landing Page di Omah Web