Landing Page Vs Situs Web: Mana yang Anda Butuhkan?

Penggunaan strategi digital marketing saat ini sudah banyak digunakan oleh perusahaan atau pelaku usaha. Salah satu yang sering digunakan adalah halaman online berupa landing page dan home page sebagai bentuk pemasaran digital untuk meningkatkan brand awareness hingga konversi penjualan.

Namun, apa perbedaan antara landing page vs home page? Apa kelebihan dan kekurangan masing-masing? Dan bagaimana Anda harus memilih diantara keduanya? Mari ikuti pembahasannya!

perbedaan landing page dan situs web

Pengertian Landing Page

Landing page merupakan halaman website tunggal yang dapat diakses oleh konsumen potensial saat mereka meng-klik tautan dari email, iklan, atau lokasi digital lainnya. Fungsi landing page adalah untuk menarik pengunjung atau audiens bisnis agar melakukan tindakan tertentu seperti berlangganan newsletter, mendaftar ke sebuah event, atau membeli produk dan layanan bisnis Anda. Apapun itu, umumnya landing page selalu bertujuan untuk menghasilkan konversi.

Landing page terbagi menjadi dua jenis, yaitu click-through landing page yang berfungsi untuk menjelaskan tentang detail produk atau penawaran spesifik ke audiens, dan lead generation landing page yang dibuat lebih singkat, menarik, dan jelas, berfokus untuk mengumpulkan leads secara langsung.

 

Pengertian Website

Home page adalah halaman pertama yang dilihat audiens atau pengunjung bisnis Anda ketika mereka membuka situs website Anda. Halaman ini biasanya menawarkan sambutan kepada audiens dengan memberikan teks informasi yang menjelaskan situs website Anda.

Fungsi home page juga dapat menjadi media rangkuman bisnis dan menjelaskan gambaran luas mengenai produk atau layanan bisnis yang Anda tawarkan. Serta halaman ini bertujuan untuk membuat audiens atau pengunjung mempelajari lebih lanjut tentang bisnis Anda.

Perbedaan Landing Page Vs Website

Ketika pengunjung mengunjungi sebuah website, mereka dapat dengan bebas menjelajahi konten yang telah dibuat dalam website tersebut. 

Menu navigasi pada website biasanya terdiri dari halaman utama, portofolio, lokasi, kontak, informasi tentang perusahaan, dan hal lainnya.

Selain itu, perbedaan diantara landing page dan website terletak pada isi yang ada di dalamnya. 

Secara umum, landing page memberikan informasi tentang penawaran khusus dan mengumpulkan data pelanggan, seperti informasi kontak dan data diri singkat.

Di sisi lain, website memiliki tujuan untuk menyediakan konten, profil bisnis, dan informasi terkait lainnya agar pelanggan dapat lebih mengenal sebuah merek atau perusahaan.

Perbedaan lainnya antara landing page dan website adalah tujuan pembuatan keduanya.

Landing page dibuat untuk menjual produk atau jasa dengan tujuan mencari prospek yang berpotensi menghasilkan keuntungan.

Sementara itu, website dibuat dengan tujuan menjelaskan dan mempresentasikan bisnis secara keseluruhan sehingga pelanggan dapat memperoleh informasi secara lengkap.

Jika Anda tidak ingin repot mempersiapkan langding page untuk keperluan bisnis Anda, Anda dapat mencoba jasa pembuatan landing page dari Omah Web. Yang telah dipercaya berbagai perusahaan dan berpengalaman.

© 2024 by Omah Web. All rights reserved.